Beragam Jenis Curriculum Vitae (CV)

24 Nov

Ini catatan kecil yang saya sempat ingat ketika menunggu saat berbicara di depan forum mahasiswa FE UI yang menyelenggarakan seminar beasiswa pekan lalu di kampus UI Depok. Pembicara sebelum saya berkisah mengenai pengalaman pribadinya dalam membuat curriculum vitae (CV) yang menurut saya menarik. Sesi giliran saya setelah dia, tetapi karena saya datang lebih awal dan di luar lumayan panas hawanya, mendingan saya masuk ke dalam ruangan seminar… dan Alhamdulillah dapat ilmu tambahan yang bisa di-share selain juga lebih nyaman karena ruangan ber-AC hehehe.

Menurut pembicara ini, Ubaidillah Nugraha, selama dalam proses mencari beasiswa, ada tiga jenis CV yang dibuatnya : long CV, short CV, dan dream CV. Untuk diketahui, Ubaidillah ini penerima beragam jenis beasiswa, baik yang short course maupun degree. Saat ini ia pun tengah menempuh pendidikan S3 di New Zealand dengan beasiswa.

Long CV jelas, yaitu CV panjang.. yang menuliskan semua kegiatan kita, aktivitas kita, tulisan-tulisan yang dibuat, serta apapun yang kita lakukan dan kerjakan sehingga seperti catatan sejarah karier dan pendidikan kita – baik sosial maupun profesional. CV jenis ini sangat penting karena mencatat semua yang kita lakukan… “Karena itu, jangan malas meng-update CV,’’ ujar Ubai – demikian ia biasa disapa. Manfaat dari long CV ini antara lain, saat kita membutuhkan suatu yang sudah lama kita lakukan, bisa dengan mudah dicek karena sudah tercatat dengan rapi.

Ubai memberikan contoh, misalnya ia hendak melamar beasiswa ke Afrika Selatan (Afsel) dan di masa lalu (beberapa bulan sebelumnya atau tahun sebelumnya) ia pernah menulis tentang Afsel yang dimuat di media massa maka tulisan tersebut bisa ditambahkan di dalam short CV dia (saat memilah bagian yang perlu dimasukkan dan tak perlu dimasukkan dalam CV pendek) untuk meyakinkan pemberi beasiswa bahwa dia memang punya concern khusus dengan Afsel.

Sementara short CV seperti namanya, adalah CV versi pendek. Ini diperlukan karena tidak semua beasiswa (maupun lamaran kerja) membutuhkan CV panjang kita… Ada sebagian beasiswa yang mensyaratkan hanya satu atau dua lembar CV atau yang disebut resume. Jika CV kita sepanjang tujuh halaman, maka kita tak memenuhi syarat yang diminta beasiswa tersebut. Karenanya, CV pendek dibuat sesuai dengan kebutuhan… Apa boleh buat, ini artinya kita harus mempunyai beberapa jenis CV pendek sesuai kebutuhan… atau selalu membuat CV pendek setiap kali melakukan lamaran beasiswa karena harus disesuaikan dengan kebutuhan beasiswa yang kita lamar.

Nah yang menarik dari penjelasan pria alumni FE UI ini adalah istilah “dream CV”. Ini juga baru saya dengar. Tapi ternyata, ini bisa membantu mengarahkan kita dalam membuat surat motivasi (motivation letter). Kok bisa?

Dream CV, tampaknya, lebih pas buat mereka yang baru lulus kuliah, baru memulai meniti karier sehingga benar-benar bisa membuat CV impian – sesuai namanya. Pasalnya, menurut Ubai, CV impian ini dibuat sesuai dengan impian kita, misalnya… 10 tahun lagi kita akan menduduki sebuah jabatan penting di suatu perusahaan BUMN ternama di negeri ini, atau kita menjadi pejabat penting di salah satu lembaga dunia, atau menjadi pemimpin perusahaan tertentu. Intinya, “Tulis saja impian kita, mau jadi apa kita dalam jangka 10 tahun ke depan,” ujar dia.

Dengan demikian, sambung dia, akan lebih mudah bagi kita saat diminta menulis mengenai “motivation letter” yang memang salah satu isinya bisa jadi posisi kita di masa depan. Dengan sudah menuliskan impian kita di masa depan dalam CV ini, maka kitaakan lebih mudah dan terarah untuk menulis motivation letter… akan lebih mudah juga menjawab pertanyaan mengenai “Bagaimana Anda melihat diri Anda 10 tahun dari sekarang?”

Dengan dream CV ini, secara tidak langsung kita sudah mengarahkan rencana kita pada 10 tahun yang akan datang. Jadi lebih mudah untuk merangkai kata-kata dalam menjawab pertanyaan kan?

So, mulai sekarang.. ada baiknya rajin meng-update CV kita… karena itu sangat berguna. Bagi para pemburu beasiswa yang baru memulai karier atau masih kuliah di tingkat akhir serta berminat mencari beasiswa, dream CV akan membantu kita dalam mengarahkan jawaban sehingga kita lebih mudah memenangkan beasiswa. Tapi, dream CV bisa dibuat oleh siapa saja… meskipun sudah 10 tahun berkarier di dunia kerja, tetap saja kita punya impian kan…:D

Iklan

3 Tanggapan to “Beragam Jenis Curriculum Vitae (CV)”

  1. suci wulandari Desember 2, 2013 pada 1:01 pm #

    terima kasih, sangat membantu

  2. Shofwan Februari 13, 2014 pada 3:58 am #

    waktu seminar di ui itu saya datang, namun saya sayangkan saya lupa mencatat alamat email pa ubaidillah. admin bisa kasih gak? tks

    • scholarshiphunter Februari 14, 2014 pada 4:53 am #

      wahhh maaf… saya sendiri juga tidak mencatatnya 😀
      mungkin bisa di-googling. Saya hanya share yang dia sampaikan…tetapi saya sendiri tidak sempat bicara apapun dengan blio.. Maafkan yaa tidak bisa membantu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: