Apa beda TOEFL dan IELTS?

28 Mei

Kalau kita mau daftar beasiswa sekolah ke luar negeri, salah satu syarat yang diminta adalah skor TOEFL atau skor IELTS. Kemudian, kita mengerutkan kening sambil bertanya, ‘emang apa bedanya TOEFL dengan IELTS?’

 

Perbedaannya banyak dong.. tapi satu persamaan yaitu, sama-sama tes kemampuan bahasa Inggris yang berguna untuk kepentingan akademik (sekolah) di Negara-negara berbahasa Inggris. Bedanya, TOEFL itu sumbernya di Amerika sementara IELTS berasal dari Inggris.

Karena itu, jika ingin melanjutkan sekolah ke Amerika, yang diperlukan adalah skor TOEFL. Sedangkan jika ingin bersekolah ke Inggris, Australia, Canada, maka yang diperlukan adalah skor IELTS. Bagaimana dengan ke Belanda, Jerman, Singapura? Negara-negara itu menerima skor baik TOEFL maupun IELTS. Jadi silakan pilih…

 

Skor TOEFL dan IELTS juga berbeda.. Kalo TOEFL paper based skornya 310-677 dengan rata-rata yang diminta adalah 500 atau 550 atau bahkan 600. TOEFL iBT memberikan skor 0-120 dengan rata-rata nilai yang diminta adalah 80 atau 90. Sedangkan IELTS memberikan skor 0-9 dengan rata-rata skor yang diminta adalah 6,5 atau malah 7.

 

TOEFL paper based terdiri dari listening, grammar dan reading dengan semua soal pilihan ganda. Kita bisa saja beruntung sehingga tebakan kita jitu… dan nilai TOEFL kita bagus. Sementara TOEFL iBT meliputi listening, reading, writing dan speaking. Keempat tes ini dilakukan secara online dengan pusatnya di Malaysia… jadi menggunakan internet makanya namanya iBT.. alias internet based test. Di tes ini sebagian soal juga pilihan ganda, sehingga peluang untuk menjawab dengan teknik ‘itung kancing’ masih terbuka..

 

Sedangkan IELTS, yang meliputi listening, reading, writing dan speaking adalah paper based. Bahkan jawabannya kita tulis menggunakan pensil sehingga bisa kita hapus jika memang diperlukan dalam mengoreksi jawaban kita, ketika masih tersisa waktu saat tes. Speakingnya juga dilakukan dengan orang (interviewer) yang berada di hadapan kita, sehingga bisa riil merasakan dan melakukan percakapan. Hal ini berbeda dengan speaking di TOEFL iBT, kita bicara dengan computer…

 

Nah, terkait dengan skor yang lebih dipercaya, ada tiga ‘tingkatan’ TOEFL. Yaitu, TOEFL like atau institusional TOEFL yang bisa kita lakukan di berbagai tempat kursus bahasa Inggris di manapun. Biaya testnya biasanya 50 ribu atau 60 ribu saja. Hasil tes ini biasanya hanya berlaku enam bulan. Kedua, TOEFL institutional, yang hanya diselenggarakan di beberapa tempat.. misalnya di UPT Bahasa ITB Bandung, di UI Salemba, di Neso Jakarta. Umumnya hanya dilakukan sebulan sekali atau dua bulan sekali, tergantung peminatnya.. biayanya 27 dolar AS atau sekitar 275 ribu dan umumnya berlaku dua tahun. Ini kelasnya di atas yang pertama, tetapi tidak berlaku untuk internasional.. kalo dipake untuk daftar-daftar awal beasiswa, sudah cukup. Ketiga, adalah TOEFL iBT yang berlaku secara internasional. Biaya testnya sekitar 160 dolar AS sekali test, dan berlaku dua tahun.

 

Sementara IELTS hanya ada satu jenis, yaitu internasional IELTS yang tesnya berbiaya 150 dolar AS dengan masa berlaku dua tahun. 

 

Hanya saja, sebagai (lagi-lagi) scholarshiphunter selama tiga tahun, aku menyarankan teman-teman untuk lebih mempersiapkan IELTS. Karena dari sisi persiapannya, misalnya jika Anda mengambil kursus preparation IELTS, maka IELTS lebih berguna kelak ketika kita studi di luar. Apalagi untuk program Master, akan banyak assignment yang membutuhkan kemampuan kita taking-notes dan writing.. dan itu diajarkan dengan rinci dan jelas di kursus preparation IELTS. Di TOEFL iBTmemang ada kemampuan taking-notes dan juga writing.. hanya saja, writing yang diajarkan Cuma satu jenis.. opini semata. Di IELTS kita di tes mengenai writing untuk data dan writing untuk opini, dengan kata lain IELTS lebih komplit.

 

Saranku, pastikan jenis kemampuan bahasa yang diminta oleh pemberi beasiswa. Jika memang mintanya TOEFL (seperti Fulbright yang diberikan oleh pemerintah AS) ya penuhi syarat tersebut.. .Tapi jika diminta TOEFL/IELTS, aku sarankan untuk menyiapkan IELTS. Karena itu tadi, saat melakukan preparation, kita bisa sambil belajar juga.. tak cuma buat tes, tapi juga buat kelak jika kita sekolah di luar negeri.

 

Oya sedikit catatan, untuk pendaftaran beasiswa tahap awal, beberapa jenis beasiswa tak mempermasalahkan jika kita mendaftar dengan TOEFL paper based sebab kelak mereka akan memberikan test lagi yang tarafnya internasional. Tapi memang akan lebih baik jika kita sudah punya skor internasional IELTS atau TOEFL.

 

87 Tanggapan to “Apa beda TOEFL dan IELTS?”

  1. internationallanguagecenter Juni 6, 2008 at 12:57 pm #

    Saya ingin menambahkan beberapa hal ya….

    Sebenarnya, program – program scholarship ternama, sudah tidak menerima TOEFL score lainnya, selain iBT. Kalau format PBT, yang anda maksud adalah ITP-TOEFL yang sertifikatnya dikeluarkan langsung oleh ETS. Bukan TOEFL like/Prediction. Karena TOEFL Like/Prediction tidak akan diterima. Jadi sudah pasti anda akan gagal, jika mengajukan sertifikat tersebut.

    Apakah anda sudah mencoba iBT-TOEFL? tingkat kesulitannya sebenarnya justru lebih tinggi iBT-TOEFL dibandingkan IELTS. Hanya saja format IELTS yang bukan Multiple Choice masih merupakan kesulitan tersendiri bagi banyak orang yang tidak terbiasa. Kalau TOEFL, kan kita masih bisa menebak-nebak pilihan jawaban yang tertera seandainya kita tidak tahu jawabannya. Sedangkan IELTS, jangankan mengira-ngira, kata-kata apa yang harus jadi option pilihan jawaban juga kita belum tentu tahu. Jadi kalau gak bisa, pasti langsung kosong.

    Mungkin anda mengira, lebih enak test speaking langsung berhadapan dengan penguji. Tetapi di situlah letak kesulitannya:
    1.Terkadang banyak orang yang justru menjadi lebih gugup ketika berhadapan langsung dengan native, padahal dia sudah menjalani persiapan matang dengan mengikuti banyak kursus bahasa Inggris, dan sudah cukup matang dalam komunikasi.
    2. Dengan sistem face to face, sebenarnya bisa dibilang pasti ada penilaian yang bersifat subyektif di dalammnya. Misalnya, penguji tidak menyukai aksen yang digunakan, sehingga mengurangi nilai. Atau tidak menyukai performance anda ketika bicara, juga bisa mengurangi nilai kan.
    3. Pada speaking IELTS anda tidak dibatasi oleh waktu per soalnya. Yang menentukan adalah penguji kapan anda harus berhenti bicara. Terkadang banyak orang berpikir, jawaban singkat, padat dan jelas adalah yang paling baik, padahal justru hal itu merugikan mereka. Dan terkadang mereka pada akhirnya memanjangkan jawabannya, tetapi justru tidak terarah dan tertata dengan baik.

    Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kita.

  2. scholarshiphunter Juni 9, 2008 at 10:17 am #

    trims masukannya dan tambahan infonya ya, jadi lebih lengkap. saya kebetulan sudah mencoba keempat macam test tersebut, mulai dari TOEFL like, ITP-TOEFL (atau kadang disebutkan sebagai institusional TOEFL), TOEFL iBT dan juga IELTS. satu-satunya yang belum pernah saya coba adalah CBT TOEFL, tapi belum sempat mencobanya, ternyata sudah berganti menjadi iBT…
    saran di tulisan itu, saya sampaikan berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri selama ini.. tapi sekali lagi, terima kasih masukannya :D

  3. indische Desember 11, 2009 at 4:07 pm #

    thx

  4. Grace September 26, 2010 at 7:20 pm #

    Mbak,saya mau tanya apakah dengan siap dalam IELTS sudah cukup untuk mengikuti TOEFL juga? Dalam arti siap mengikuti IELTS maupun TOEFL? thax buat bantuannya ya -n n-

    • scholarshiphunter September 27, 2010 at 11:48 am #

      Grace yang bersemangat :)
      TOEFL dan IELTS adalah dua jenis tes bahasa Inggris yang berbeda satu sama lain. Kalo kita mau tes TOEFL ya musti siapkan diri dengan soal2 TOEFL dan segala triknya, begitu juga kalo mau tes IELTS…
      nggak bisa kita persiapkan diri TOEFL, lalu ambil tes IELTS… itu namanya buang-buang uang hehehe.. kan tes tersebut biayanya lumayan.. sekitar Rp 1,5 juta.. malah kayaknya udah lebih tinggi dari itu.
      jadi pastikan dulu, apakah kita mau tes TOEFL ato IELTS, tergantung jenis beasiswa yang mau kita buru juga.. setelah itu, persiapkan diri menghadapi tesnya…barulah tes..OK :)

  5. suararaa Oktober 26, 2010 at 1:07 am #

    halo mbak, salam kenal.
    sebenarnya pertanyaan saya sama dg grace. saya memburu beasiswa short course ataupun beasiswa s2 di LN. saya ingin mempersiapkan ielts maupun toefl-nya. oleh karena itu saya ingin mengambil kursus. tapi kursus apa yg sebaiknya diambil ielts prep.course atau toefl prep. course? sebab ada beasiswa yang mensyaratkan toefl ataupun ielts.
    tterimakasih sebelumnya

    • scholarshiphunter Oktober 26, 2010 at 8:54 am #

      halo rara…
      secara pribadi saya sih menyarankan mendingan kursus preparation ielts aja..karena manfaatnya lebih besar. tapi kalo dana mencukupi, ikutlah kedua2nya..dan punya sertifikat kedua2nya..
      selain itu, sepengetahuan saya, ielts lebih diterima di banyak negara ketimbang toefl..misalnya untuk ke belanda, terima toefl or ielts tapi kalo ke inggris ato ke australi, terimanya ielts..

  6. Vini November 5, 2010 at 7:03 am #

    Salam kenal mbak,
    Semakin tertarik aja ni apply chevening..:)
    sy rencana daftar chevening 2011/2012, jd smbil tunggu pendaftarannya buka, sy juga udh siap2 apply skolahnya
    karna kebetulan jurusan yg ingin sy ambil ada di UK..
    smbil cari beasiswa lainnya jg buat ke UK..
    mungkin mba bisa bantu sy utk melengkapi persiapan sy,
    seperti contoh form aplikasinya..via email,
    jadi sedikit terbayang..:)

    makasi ya mba sebelumnya..:)

    Regards,

    Vini

    • scholarshiphunter November 5, 2010 at 10:52 am #

      Hai Vini…
      saya udah kirimkan contoh aplikasi chevening saya…
      semoga bermanfaat yaa..
      makasi dah nengokin blog ini :)
      Gudlak

  7. efendi tobing Februari 4, 2011 at 3:22 am #

    mba, saya ingin bertanya dong, kalau untuk mendaftar beasiswa ke UK itu alamat websitenya apa yaa? mohon bantuannya ya mba buat contoh surat-surat aplikasinya kesana. makasih mba. saya berencana juga S2 di UK tahun depan.

    • scholarshiphunter Februari 8, 2011 at 12:23 am #

      halo Efendi..saya tidak tahu persis, beasiswa apa saja di UK..mungkin bisa di-google saja.. Kalo untuk chevening, bisa cek di website nya chevening..
      begitu juga surat2 aplikasinya, saya tidak punya kecuali chevening..itupun sudah lama, saya tidak meng-update..apakah masih sesuai atau tidak dg kondisi sekarang..
      saran saya, searching saja dulu mulai sekarang meskipun masih tahun depan rencananya…pengalaman saya, setelah berjuang 3 tahun, baru saya dapat beasiswa…:)
      good luck ya..

  8. Sri Hari Fitriano Februari 19, 2011 at 8:55 am #

    Mbak, saya mau daftar beasiswa Fulbright tapi yang nongelar yaitu FLTA. Ada tips yang bisa dibagi? saya bingung tentang transkrip yang mesti diterjemahkan, apakah saya sendiri yang terjemahkan?? thx

    • scholarshiphunter Februari 20, 2011 at 8:35 am #

      Halo Sri ato Hari :) .. makasi ya kunjungannya..
      hmm, saya dulu pernah daftar yang fulbright non gelar untuk Humprey Program.. kalo FLTA belum pernah ada pengalaman. tapi perkiraan saya, tips hampir semua beasiswa sama saja, menjawab pertanyaan di aplikasi dengan baik dan sesuai sasaran pemberi beasiswa.
      Mengenai transkrip yang musti diterjemahkan, maksudnya transkrip nilai di ijazah ya? Sebaiknya gunakan penerjemah tersumpah…mencarinya bisa di koran, ato mungkin kalo di kota anda tinggal ada IDP.. coba ditanyakan, biasanya mereka bisa menerjemahkan ato memberikan informasi ttg penerjemah tersumpah.
      Jangan diterjemahkan sendiri, karena pihak pemberi beasiswa memerlukan bukti sah dari terjemahan itu..:)
      OK, good luck ya.. maaf ga bisa banyak membantu..

  9. Desta Februari 20, 2011 at 10:06 am #

    Boleh curhat mba? saya suka ngayal bisa kuliah ke luar negeri, tapi kemampuan english saya sangat rendah. Ingin kursus tapi di t4 saya tinggal gada lembaga kursus. Di samping itu jaringan inet jg lelet bgt. Mohon saran cara belajar otodidak toefl or ielts. Thx. (Pliz, jgn dktawain y mba)

    • scholarshiphunter Februari 22, 2011 at 2:13 pm #

      Desta, jangan berkecil hati..yang pada jago bhs inggris juga dulunya ga bisa kok :)
      untuk belajar bhs inggris, banyak cara kok..misalnya nonton tv yang siarannya dalam bhs inggris..kalo ga salah, salah satu TV swasta kita punya program itu..trus kalo nonton film yang berbahasa inggris, jangan dibaca teks terjemahannya, tapi dengerin para tokohnya ngomong..lama2 paham kok..
      trus kalo mau, dengerin lagu2 berbahasa inggris, coba ditulis liriknya..nggak apa2 bolak-balik juga, sampe dapat semua liriknya.. itu melatih listening..
      trus kalo ada bacaan berbahasa inggris, dari koran ato majalah, dibaca dengan suara keras.. kalo ada yang nggak ngerti artinya dicari.. lakukan dengan rutin, misalnya 2 hari sekali ato malah setiap hari satu artikel..
      untuk ngomongnya, bisa praktek dengan ngobrol langsung kalo pas ketemu bule.. ada bule nggak di tempat Desta hehehe..
      kalo enggak, ajakin temen untuk berbahasa inggris, jadi berdua sama-sama belajar.. bisa diatur, misalnya tiap hari tertentu dalam seminggu, kudu berbahsa inggris..yang melanggar, didenda..misalnya..
      dicoba aja dulu itu, sambil kalo pas akses internet..cari2 bahan untuk soal tes-nya..
      moga2 bermanfaat ya Desta.. selamat mencoba..:)
      semangat..semangat…

  10. Desta Februari 23, 2011 at 2:20 am #

    Makasi ya mba, jd tamba smangat, walau masi baru niat, hehe..
    sukses buat qt smua

  11. vianie Maret 27, 2011 at 11:35 am #

    mba, rencananya tahun depan 2012 saya pingiiiiin bgt apply beasiswa.. yaa skarang udah mau mulai hunting siih.. tp bingung mau mulaii dari mana. numpang tanya yaa, klo chevening itu apa yaa… fulbright juga apa ya mba? skarang aku guru TK, pingin banget ambil S2 nya tentang psikologi anak. sebelumnya makasih banyak ya mba^^

    • scholarshiphunter Maret 28, 2011 at 3:05 pm #

      halo vianie…kalo pengalaman saya dulu, hunting beasiswa dimulai dengan berkunjung ke pameran pendidikan luar negeri di kota saya, dari sana saya mendapatkan banyak informasi mengenai jurusan yg saya minati sekaligus syarat-2nya..jadi kita bisa menentukan langkah berikutnya..
      kalo pengen tahu chevening itu apa, fulbright itu apa..gampang kok, googling aja :) keduanya adalah jenis beasiswa, yang pertama ke Inggris dan yang kedua ke Amerika. tapi apa syarat dan sebagainya, musti liat di website mereka masing-2… googling aja, ntar ketemu kok, informasinya lengkap..
      selain kedua jenis beasiswa itu, masih banyak jenis beasiswa lainnya…apalagi untuk pendidik atau guru, peluangnya besar sebab pendidik (guru/dosen) adalah ‘agen pembaharu’ jadi peluang untuk dapat beasiswanya lebih besar dibandingkan profesi lain..
      satu hal yang perlu diiingat, kita apply tahun 2012, belum tentu lho diterima tahun itu juga..karena banyak hal yang menentukan. tapi tetaplah bersemangat yaa…sebab sesuatu akan kita peroleh kalo kita bergerak untuk mendapatkannya, kalo kita diam saja..ya nggak dapat-dapat :)
      semangat…semangat…selamat berjuang ya, makasi kunjungannya ke blog ini..

  12. omay Juni 7, 2011 at 10:37 pm #

    mbak, mohon petunjuk saya rencana apply ads beasiswa australia, syaratny harus toefl atau ielts untuk syarat awal, tetapi ketika nanti dipangil wawancara akan dites ielts, apakah saya sebaiknya ikut tes ielts atau toefl? mengingat kemampuan bahasa inggris saya terbatas, saya ingin kursus ielts, tetapi di tasikmalaya tidak ada kursus ielts,apakah ada cara lain untuk belajar ielts?terima kasih atas web site ini memberikan petunjuk sangat berguna bagi saya

  13. scholarshiphunter Juni 9, 2011 at 8:13 am #

    Omay, makasi ya kunjungannya…
    Kalo saran saya, sebaiknya anda ikutan test IELTS saja, begitu juga kursusnya jika memungkinkan.
    Tasikmalaya-Bandung nggak jauh kan? Anda bisa coba ke ieduc Bandung untuk kursus IELTS… saya rekomendasikan tempat kursus ini :)
    Cara lain untuk belajar adalah, yaa beli buku IELTS di toko buku seperti Gramedia.. dan pelajari materi soal2nya.. bisa juga googling dengan kata kunci IELTS, insya Allah banyak informasi mengenai tips dan trik untuk tes IELTS maupun mempelajari soal-soalnya…
    Tapi kalo memungkinkan untuk ke Bandung, untuk satu bulan gitu.. coba deh ke tempat yang saya bilang tadi.. di jalan Cimanuk 32 Bandung..(belakang gedung sate).
    Good luck yaa…

    • omay Juni 9, 2011 at 9:43 am #

      terima kasih teh aan, memang yang menjadi berat adalah lama perjalanannya sampai 4 jam juga kita harus tiap hari, dan meninggalkan bekerja. mengapa harus ieduc?, apak kelebihnnya dibanding dengan BLCI, EF atu yang lainnya?tadinya saya sempat berpkir akan kursus Toefl dulu sampai skor nya 500 supaya lolos tahap 1, sudah lolos tahap 1 saya kursus ielts.

  14. scholarshiphunter Juni 14, 2011 at 12:33 pm #

    kelebihan IEDUC…bisa coba dicek di ppostingan saya soal “menemukan tempat kursus bahasa inggris” yaa… :)
    memang Tasik-Bandung 4 jam dan ga mungkin tiap hari… tapi kayaknya bisa coba les privat setiap sabtu…
    kadang kita memang harus berkorban, dan bentu pengorbanannya macam2..mungkin untuk Omay adalah harus ke bandung…:)
    Untuk les TOEFL dulu juga bisa, tapi apa nggak malah jadi dobel biaya? Kalo les IELTS langsung kan, bisa tes langsung dan bisa dipake untuk 2 tahun…
    Gimana ?

    • omay Juni 14, 2011 at 12:36 pm #

      terima kasih teh, bagaimana dengan BLCI yang ada di jlan tamansari/

      • omay Juni 14, 2011 at 12:42 pm #

        tadinya, sya akan mengambil les toefl dulu, supaya dapat 500 dulu lah yang penting keterima tahap pertama ads, kalau sudah jelas diterima di tahap 2 maka saya akan les ielts, mengingat kemampuan bahasa inggris sy lemah, kekuatan sy hanya di gramatika saja

  15. scholarshiphunter Juni 16, 2011 at 4:27 am #

    Omay, saya ga bisa kasi komen soal BLCI karena ga pernah kursus di sana.. tapi yang saya tahu, IEDUC adalah “ahli” di bidang IELTS… muridnya tersebar di seluruh dunia sekarang :)
    tapi kalo mau membandingkan, silakan kunjungi masing2 tempat kursus dan tanyakan langsung, jadi lebih enak dan lebih jelas yaa…
    mengenai ingin les TOEFL dulu, silakan.. Omay yang lebih tahu dan lebih paham…saya hanya menyarankan saja..
    tapi teman saya bilang, skrg ADS ga trima TOEFL…musti IELTS langsung.. coba dicek lagi ya di website-nya ADS… jangan sampai, sudah les TOEFL dan tes, nggak tahunya nggak kepake..kan sayang.. please double check yaa…
    selamat berjuang…:)

    • omay Juni 18, 2011 at 9:22 am #

      terima kasih teh, mudah2an teteh sehat dan dimudahkan rizkinya

      • scholarshiphunter Juni 24, 2011 at 7:49 am #

        amin..sama-sama Omay.. Good luck :)

  16. scholarshiphunter Juni 24, 2011 at 7:57 am #

    Untuk Let’s Gooo..
    maafkan saya tidak bisa mengirimkan contoh form aplikasi chevening, seperti saya tuliskan di postingan ttg hal tersebut. terima kasih atas pengertiannya…

  17. febriosw Juli 10, 2011 at 5:08 am #

    Waw bagus sekali uraian komparasinya. Pengen bisa IELTS tetapi biaya tesnya belum terjangkau kocek. Jadi sy dalami TOEFL dulu aja kalau begitu. IELTS dipelajari dulu tetapi tesnya menyusul. :) Terimakasih share ilmunya.

    • scholarshiphunter Juli 12, 2011 at 3:31 am #

      sama-sama, makasi kunjungannya ya Febri..

  18. Rizka Agustus 18, 2011 at 6:52 am #

    asslm mba, saya mau nanya tp maaf sebelumnya kalo mngkn ga ada hubungannya sama toefl dan ielts. saya mahasiswa tingkat akhir, rencananya ingin melanjutkan kulaih di luar negeri. rencananya saya ingin mengambil master di bidang finance di inggris atau di australia. menurut mba, saya lebih baik mengejar beasiswa ke mana ya mba? ke inggris atau australia? oh iya, saya juga berjilbab mba, mngkn bsa jadi bahan pertimbangan. terima kasih banyak mba.
    wassalam.

    • scholarshiphunter Agustus 19, 2011 at 4:08 am #

      waalaikumsalam Rizka,
      terima kasih kunjungannya :)
      mengenai mau ke inggris atau ke australia, ya tergantung kebutuhan.. master of finance-nya yang seperti apa? Rizka cek aja di universitas baik di inggris maupun di australia, mana yang lebih sesuai kurikulumnya dengan kebutuhan Rizka…
      setelah ditemukan universitas dan jurusannya, baru deh cari beasiswanya.. gimana?
      soal jilbab insya allah nggak masalah di mana aja..:)
      good luck yaa…

  19. eka Agustus 27, 2011 at 6:17 am #

    thanks mba :)

  20. edhi Januari 16, 2012 at 4:04 am #

    Helow,

    Blog ini menarik sekali,karena saya ada keinginan mau cari beasiswa S2 di belanda bidang hukum.

    Saya mau ambil preparation toefl atau ielts.
    Kl boleh saya tanyakan,utk beasiswa di belanda lebih baik saya ambil toefl apa ielts?

    Trus adakah referensi lembaga tempat les preparation yg bagus dan harganya lumayan.

    Thx

    • scholarshiphunter Januari 16, 2012 at 4:18 am #

      Helow juga Edhi…
      untuk beasiswa ke Belanda, seperti saya katakan, negara itu menerima dua-2nya..tetapi demi persiapan yang lebih matang, saya sarankan preparation IELTS aja.
      Untuk tempat kursus, jika Anda ada di bandung, saya sarankan ke IEDUC di jalan cimanuk 32 bandung. Tapi kalo di Jakarta, mungkin bisa di IALF tetapi memang biayanya lumayan mahal…tapi kualitas dan fasilitas sangat bagus di sana..
      di luar jakarta ato bandung.. hmmm, maaf.. saya ga punya referensi.
      ato kalo memungkinkan untuk cuti 1 bulan dari kerjaan… ato kegiatan rutin lainnya, coba ke ieduc aja.. :) lembaga ini punya program kursus ielts selama satu bulan, setiap hari 6 jam. Bisa dicoba..

      good luck yaa

  21. tony Januari 16, 2012 at 5:39 am #

    trmksh,,sy akn ikuti saran ibu, :)

  22. alfina nuril qisma Februari 8, 2012 at 6:57 am #

    Hallo mbak..perkenalkan nama saya alfina. saya benar-benar ingin mendapatkan beasiswa S2 dengan jurusan Public Policy di LN, tetapi saya terkendala dengan tes ielts,selain belum pernah, dibanjarmasin juga masih tidak ada lembaga yang menyediakan kursus itu, apakah mbak ada info mungkin course ielts secara online, tidak masalah nanti tesnya harus terbang ke kota lain, karena kalau bimbingan ke kota lain tidak memungkinkan,saya sambil bekerja didaerah saya..terima kasih infonya nanti mbak,
    salam kenal
    Fina

  23. imank Februari 8, 2012 at 3:06 pm #

    assalamualaikum,,
    mba anda punya soal-soal IELTS OR TOEFL,,,?
    kalo ada saya minta,,,mba,,kirim ja ke e-mail saya,,

    maturnuwun,,,
    wassalam….

  24. imank Februari 8, 2012 at 3:13 pm #

    tujuannya ingin nambah referensi mba

  25. dian Maret 3, 2012 at 9:03 am #

    temen-temen ikut gabung ada yang tau tempat kursus bagus buat IELTS di bandung gak….klo ada tolong infonya ke email Dian hakip ya ini alamatnya dian_kammi@yahoo.co.id…..terimakasih banget

  26. teaweee Maret 22, 2012 at 6:33 am #

    Reblogged this on teaweee.

    • scholarshiphunter Maret 23, 2012 at 6:05 am #

      makasi ya :D

  27. Diah Juni 30, 2012 at 6:12 am #

    Salam kenal mbak,
    Saya ada rencana mau apply sekolah” di belanda
    mungkin mbak bisa bantu saya utk melengkapi persiapan saya,
    seperti contoh form aplikasinya..via email .
    jadi sedikit terbayang..:)

    makasi ya mbak sebelumnya..:)

    Regards,

    Diah

    • scholarshiphunter Juni 30, 2012 at 11:50 am #

      Salam kenal kembali Diah..
      maafkan saya, untuk contoh form aplikasi ke belanda, saya tidak punya..
      tetap semangat ya :)
      makasih dah mampir…

      • Diah Juli 1, 2012 at 12:33 am #

        mbak, saya mau tanya gimana conton CV, form aplikasi yang mbak pakai buat beasiswa ..
        terimakasih

      • scholarshiphunter Juli 1, 2012 at 5:59 am #

        kalo CV, sama saja dengan CV melamar kerja…
        sementara form aplikasi, tergantung dari masing-masing beasiswa…
        jadi ga ada yang standard untuk form aplikasi beasiswa..

  28. hanma Juli 15, 2012 at 3:59 pm #

    halo hei mbak aan salam kenal yah :)

    blog mbak ini membantu bgt dan “kenalannya” pas bgt pas saya bru lulus S1 dan ‘berambisi’ nyari S2 di uk

    jadi bgini mbak, saya sudah pernah ngambil les preparation TOEFL dan trnyata kbanyakan scholarship yg mau saya ambil mintanya IELTS. kalau saya belajar IELTS hanya dari buku2 yg dijual di gramedia etc dan ga ngambil les prep IELTS, apa bisa ya mbak? apa trnyata score yg ikut les lbih tinggi ketimbang yang ga ikut les?

    terima kasih :)

    • scholarshiphunter Juli 16, 2012 at 3:42 am #

      Halo Hanma,
      makasi udah berkunjung ke sini yaa….:)
      soal ambil kursus atau enggak siy sebenarnya ga jadi jaminan… yang menentukan itu, ya hasil test-nya..:)

      saran saya sih, setelah anda belajar sendiri..coba ikutan tes di tempat kursus.. tes IELTS gitu, hanya ingin tahu berapa skor yang Anda peroleh.. jika ternyata sudah bagus, baru deh ambil tes IELTS beneran…soalnya biayanya kan mahal :D
      tapi kalo ternyata belum bagus, anda bisa evaluasi masalahnya di mana… dan kemudian bisa memutuskan apakah akan ikutan les atau tetap melanjutkan belajar sendiri tetapi mengubah strategi…

      Good luck ya…:)

      • hanma Juli 17, 2012 at 2:15 am #

        terima kasih sarannya
        akan saya coba :)

  29. mawarsari September 1, 2012 at 2:54 pm #

    Cheers,,,
    Mbak’ salam kenal..
    Saya masih buta smskli sm IELTS, pdhl saat ini lg persiapan tuk fulfill requirements visa tuk kerja ke UK or Australia. Blom tau y mana tujuan negara y mw dipilih tp, k’2 nya butuh IELTS drpd TOEFL.
    Mbak, sulit mana sech TOEFL ato IELTS? Dulu pas kuliah 2007, saya pernah TOEFL n dpt score 445.
    Anyways, Saya sangat2 kurang dlm hal listening but, better in writting.
    Tx lots,,,

    • scholarshiphunter September 2, 2012 at 9:43 am #

      Halo mawar, salam kenal kembali…
      sebenarnya IELTS dan TOEFL ga bisa dibandingin, sebab beda. tergantung kebutuhan.. kalo mo ke UK ato Australi, mendingan ambil IELTS.. kalo ke Amrik, nah baru ambil TOEFL iBT…
      kalo memang belum siap, bisa persiapan dulu, kursus dulu or belajar sendiri..memang musti mempersiapkan diri, sebab kan sayang, udah bayar mahal trus hasilnya kurang memuaskan.. mendingan sabar dikit, belajar dulu…baru tes :)
      Good luck yaa..

  30. Mahdarena Desember 12, 2012 at 2:46 pm #

    Selamat Malam. Maaf sebelumnya,saya masih duduk dikelas sepuluh (X) tapi saya sudah sangat menyukai & menekuni b.inggris sejak saya masih SD , saya ingin memperdalam pengetahuan saya tentang cara mengembangkan,dlsb,tapi jujur saya masih minim pengetahuan tentang hal-hal seperti ini , menurut Anda apakah saya sudah terlambat ataukah masih ada kesempatan buat saya ? Dan menurut Anda , apa yang harus lebih saya lakukan agar dapat mengikuti tes-tes seperti ini ? Terimakasih sebelumnya. Salam kenal yaaaaa ;-)

    • scholarshiphunter Desember 18, 2012 at 11:46 pm #

      sama sekali belum terlambat untuk mengikuti berbagai tes tersebut… kesempatan masih terbuka lebar, Anda baru kelas X..
      Jika Anda ingin mengikuti tes bahasa inggris, cobalah untuk datang ke tempat kursus dan menanyakan prosedurnya..mereka akan membantu..:)
      semangat yaaa… salam kenal kembali :D

  31. Maria MP Iza Maret 13, 2013 at 5:10 am #

    Assalamu’alaikum mba.. Semoga mba dan keluarga sellau dalam lindunganNya.

    Saya berencana sekolah s2 di AS ambil magister managemen mba, berarti apakah saya harus mengambil toefle preparation ya mba dibanding ielts preparation?
    Namun saya khawatir terjadi perubahan rencana hidup nanti karena saya di sana ikut beberapa saudara.

    Plan A saya mau ikut saudara yang sekolah s2 di universitas san fransisco, saya mau cari beasiswa di sana dengan bantuan informasi dari beliau, namun sekarang lost contact dg orang tsb. otomatis saya harus hunting2 beasiswa lg namun tetap tujuannya ke AS.

    Plan B saya ikut paman bekerja di sana lalu berencana sambil kuliah dengan kata lain kuliah sambil kerja part time.

    saya ingin memastikan apakah saya ambil toefle apa ielts mba? agar saya dapat diterima di universitas ataupun perusahaan di sana.

    Terkait pentingnya hal tsb, Mohon informasi dan advicenya mba..

    • scholarshiphunter Maret 13, 2013 at 6:41 am #

      Maria makasi kunjungannya ke sini… kalo saran saya, sebaiknya anda cek dulu apakah universitas atau jurusan yang anda minati membutuhkan toefl atau ielts…jika sudah tahu, anda bisa menentukan apakah anda perlu ielts atau toefl..
      karena jangan sampai anda keliru..
      semoga sukses ya :)

  32. Herma Yani Sofian Maret 21, 2013 at 5:53 am #

    hi Mba… salam kenal :)
    terimaksih buat semua replay nya sebagai informasi referensi untuk saya

    • scholarshiphunter Maret 23, 2013 at 2:54 am #

      Halo Herma, makasi ya dah berkunjung ke sini :)

  33. Anna Gultom Mei 10, 2013 at 6:33 am #

    Nemu blog ini di gugel.. :D
    Kebetulan aku lagi mau tes TOEFL di LIA (ggp yah nyebut merk)
    Menurut mbak, worth it ga?
    Saya pilih LIA karna harganya lebih ramah di kantong.. ^^’
    Thanks before yah.. :)

    • scholarshiphunter Mei 11, 2013 at 2:52 am #

      Halo Anna, sebenarnya tergantung tujuan Anda mau tes TOEFL untuk keperluan apa?
      Kalo “sekadar” untuk mengetahui kemampuan bahasa inggris, atau mau dipake buat melamar pekerjaan atau untuk melanjtkan pendidikan di dalam negeri, tes tersebut bisa dipakai.
      tapi kalau untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, atau untuk bekerja di luar negeri, maka tes di LIA atau lembaga bahasa Inggris manaupun di Indonesia (yang disebut dengan TOEFL institusional) tidak bisa dipake.
      Jadi persoalannya memang bukan sekadar “ramah di kantong” atau tidak, tetapi harus melihat kebutuhannya itu sendiri : mau dipakai untuk keperluan apa?
      Untuk keperluan kedua, seperti yang saya sebutkan tadi, biayanya memang dalam dolar AS sebab berlaku secara internasional.. dan berlaku selama dua tahun.

      Moga2 paham ya.. good luck !

  34. devina Juli 7, 2013 at 6:37 am #

    halo saya mau tanya nih les yang bagus untuk toefl/ielts dimana ya?
    idp bagus untuk preparation toefl/ielts?
    kalo tbi/direct english?
    jadi lebih baik les ielts daripada toefl ya?
    thanks :)

    • scholarshiphunter Juli 18, 2013 at 4:10 am #

      Devina, makasi dah mampir ke sini… untuk kursus, disesuaikan dengan kebutuhannya saja. Kalo memang yang diperlukan IELTS ya kursuslah IELTS tapi kalo perlunya TOEFL ya kursuslah TOEFL… mengenai tempat, saya tidak bisa menyebutkannya karena saya tidak punya banyak pengalaman dengan tenpat kursus… tapi TBI saya dengar cukup bagus, kalo Direct English.. hmmm belum pernah tahu…
      OK good luck ya

  35. Nona (@AdolfaSabina) September 18, 2013 at 8:44 am #

    halo kak sy mau bertanya. anyway blognya keren jd lbh bnyk info mngenai IELTS dan TOEFL. tp sy lbh minat pilih IELTS ^_^ oh iya sy ukt skrg ini msih duduk di bangku klas 2 SMK mlai sjak dini sy slalu cri info2 mngenai beasiswa ke luar bhkan test2 ielts dan toefl di sluruh indonesia nantinya. dan sy skrg lg cari infrmasi mngenai universitas2 di london yg ada jrusan sama sperti skolah sy skrg yaitu Tour and Travel (prjalanan wisata) dan utk skrg ini sy bru dpt university of west london yg kbetulan jrusan yg sy incar ada+beasiswa utk thun ini ada dgn skor intrnational IElTS nya nah skrg yg sy mau tnya kak kira2 utk university lainnya di london dgn jrusan yg sy incar apa2 sj yahh? sy brtanya pd kakak dgn pngalaman kk yg jg kuliah diluar. apa ada selain university of west london? klu tdk ada,apa ada di australia dan sbagaiinya? alnya smpai skrg sy cari2 blm dpt yg jlsnya. jstru sy cri yg lain malah mncul info yg lain juga -__- tp sy gak nyerah crinya.thanks before kakak :)

    • scholarshiphunter September 20, 2013 at 7:50 am #

      Halo Nona.. kalo untuk informasi universitas, ada baiknya Nona berkunjung ke IDP terdekat.. Anda tinggal di jakarta? nah kunjungi IDP Jakarta, googling aja alamatnya… IDP ini adalah agen pendidikan ke luar negeri.. jadi Anda bisa tanya mengenai jurusan2 yang diminati.. terutama ke austrlia, tetapi bisa juga ke negara-negara lain. Kalo nggak, coba hadiri pameran pendidikan ke luar negeri yang banyak diselenggarakan… di sana kita bisa tanya mengenai informasi tersebut. kalo saya sih, nggak hapal jurusan2 di universitas hehehe… tetap semangat ya !

  36. crisvi Oktober 6, 2013 at 3:06 pm #

    hai mbak. aq mau tanya nih. bedanya ELMT dan TOEFL itu apa? aq mau tes di suatu instansi dan mensyaratkan sertifikat ITP-TOEFL. sedangkan yg aq punya itu sertifkat ELMT. apakah bisa mbak aq pakai sertifikat q itu? mohon penjelasannya ya. terimakasih sebelumnya

    • scholarshiphunter Oktober 7, 2013 at 2:40 am #

      Hai juga.. wahhh, saya jutsru nggak tau apa itu ELMT.. maafkan saya…
      kalo memang ingin tanya, bisakah pakai sertifkat itu, kayaknya tanyanya ke instansi yang bersangkutan aja.. biar jelas. kalo saya kan nggak tau, instansi mana yang mau dilamar dan keperluannya apa…:D
      jadi saran saya tanyakan saja ke instansinya sambil menjelaskan apa itu ELMT.. OK ya.. good luck :)

  37. iwan Desember 15, 2013 at 1:20 pm #

    aswww punteun mbak nanya nih standar ielts 4.5 seperti apa sih? nih katanya kalo mo kerja di canada minimal angka tadi harus tercapai? mks sebelumnya

    • scholarshiphunter Desember 17, 2013 at 3:51 am #

      assalamualaikum, Iwan…
      ielts 4.5 seperti apa ya menjelaskannya hehehe… agak sulit menjelaskan.
      sebagai gambaran skor ielts 0-9 dan kalau untuk bekerja biasanya ada yang minta 5 ada yang minta 5.5 bahkan ada yang minta 6.5. sementara untuk sekolah biasanya minta 6.5
      tapi untuk bekerja, biasanya ielts yang diminta adalah yang general bukan yang academic.
      Tapi intinya, ielts 4.5 insya allah tidak terlalu sulit untuk dicapai apalagi jika kita sudah punya basic bhs inggris…
      good luck yaa…:)

  38. Tom Becher Dalimunthe Desember 30, 2013 at 7:56 am #

    Selamat Sore Admin,

    Perkenalkan saya Tom Becher mahasiswa s1 tamatan Filipina dan sekarang sedang mengincar beasiswa LPDP untuk s2 di Spanyol.

    Kebetulan, salah satu persayaratan khusus adalah untuk mengsubmit sertifikat TOEFL/IELTS. yang menjadi concern saya adalah apakah walau saya mendaftar untuk ke Spanyol, TOEFL/IELTS itu masih dibutuhkan juga? Dan apabila saya akan mengambil TOEFL, poin poin apa yang harus saya perhatikan dan tanyakan terlebih dahulu kepada institusi yg rencana saya ingin daftarkan? karena saya takut sertifikat TOEFL yang saya punya tidak berlaku secara international.

    Mohon bimbingan dan arahannya. Terima kasih banyak atas jawabannya.

    Salam,
    Tom Becher

    PS: Jawabannya boleh juga melalui email di tombecher.munte@gmail.com atau tom.becher@oracle.com.

    • scholarshiphunter Januari 5, 2014 at 3:35 pm #

      Halo Tom, terima kasih sudah mampir…
      sepengetahuan saya, syarat bahasa Inggris tetap diminta meskipun kita akan belajar di non-English country. Tetapi mungkin juga tergantung pada syarat bahasa universitas yang kita tuju. sebagai contoh, rekan saya yang akan PhD di Jerman, tetapi diminta untuk submit skor bahasa inggris, IELTS atau TOEFL, oleh LPDP.

      Untuk TOEFL, anda bisa ambil tes TOEFL ITP yang biayanya sekitar Rp 350 ribu. Itu berlaku untuk daftar LPDP. Tapi kalau untuk daftar ke universitas, anda harus cek ulang, apakah mereka memang menerima TOEFL ITP… karena beda universitas, beda aturan. Hanya saja kalau anda ambil TOEFL iBT, yang biaya tes nya sekitar Rp 2juta maka itu berlaku internasional. Jadi sebaiknya cek ke universitas tujuan dulu… good luck ya :)

  39. Alysa Maret 2, 2014 at 5:13 am #

    Kalo kita ngambil preparationnya utk TOEFL tp test nya IELTS itu bisa nggak sih? I need your reply as soon as possible. Thanks :) x

    • scholarshiphunter Maret 3, 2014 at 7:16 am #

      Tentu saja tidak bisa Alysa… keduanya berbeda. Anda harus preparation untuk tes yang akan dijalani….
      Tesnya berbeda, jadi strategi untuk menghadapinya juga berbeda…Good luck!

  40. El Muhans Maret 14, 2014 at 6:02 am #

    Selamat Siang Mb Admin
    Saya bingung mau tanya apa lagi, soalnya pertanyaan dari temen-temen di atas sudah mewakili pertanyaan saya, hehe… oh ya mb, boleh donk dikirimin aplikasi cheveningnya di elmuhans@gmail.com..
    sumpah keren banget materi isi blongnya untuk para scholarship hunter.. :)
    semoga blognya bisa menambah pundi-pundi amal :)

    • scholarshiphunter Maret 20, 2014 at 4:34 am #

      Halo mas.. terima kasih kunjungannya… tapi untuk contoh application form, mohon maaf… saya sudah tidak bisa mengirimkannya.. saya sudah jelaskan di artikel.. bahwa sejak beberapa tahun lalu, saya tidak bsia mengirimkannya. mohon maaf yaa… tetap semangat!

  41. Ira Theresia Putri Panjaitan Juli 31, 2014 at 3:12 am #

    haloo kakak.. mau curhat nih sy baru lulus sma tahun ini. pengennya kedokteran hewan di luar negeri. kira2 banyak gak kak peluang s1 beasiswanya? kalo soal biaya hidup murah sama persaingan gak terlalu ketat di negara mana yg kak? balas yaaa kak.. :( oiya kasih saran juga ya kak. panjang kali lebar gapapa deh yg penting aku dpt info banyak dr kakak. thx kak! :)

    • scholarshiphunter Agustus 8, 2014 at 6:36 am #

      Halo Ira.. hebat yaa.. baru lulus SMA sudah berniat sekolah ke luar negeri. Kalo ingin yang persaingannya tidak terlalu ketat, dicpba ke New Zealand.. kalo untuk beasiswa, saya kurang tahu.. karena memang kebanyakan, beasiswa untuk Indonesia diberikan kepada mereka yang mau S2 dan S3.. Kalo beasiswa S1, yang saya tau adanya di Singapura.. tapi kalo ambil jurusan kedokteran hewan, kayaknya kurang pas kalo di Singapura yaa.. Soal ketat tidaknya, sebenarnya tergantung banyak hal.. Kalo kita memang berkualitas, di mana pun, kita pasti bisa memenangkan persaingan tersebut.. selamat mencari yaa…:)

  42. Silvani Agustus 22, 2014 at 9:59 am #

    Hy kk, slam kenal.
    aku pngn nanya nih, kan di bebrapa les ada kelas TOEFL nd IELTS, jdi apa di les itu udah trmasuk test untk sertifikat, atau les ini hanya untk persiapn aja??
    tlg jelasn dng…
    Thnx :)

    • scholarshiphunter Agustus 26, 2014 at 3:19 am #

      Salam kenal kembali Silvani… untuk les, biasanya hanya les-nya saja. persiapan untuk tes internasional. Tapi kalau sertifikat dari pihak penyelenggara les, pastilah diberi.. cuma itu bukan skor internasional yang berlaku untuk pendaftaran. Jadi, itu dua hal yang berbeda… semoga jelas yaa…:)

    • scholarshiphunter November 17, 2014 at 10:07 am #

      Biasanya les itu hanya untuk sertifikat dan tes di lembaga itu sendiri. kalo tes internasional biasanya harus membayar lagi.. tapi cek ulang ke masing-masin lembaga penyelenggara kursus yaa.. kan beda lembaga, beda kebijakan. good luck ya :)

  43. Eny Haryani September 3, 2014 at 4:42 am #

    hi.. nama saya Eny, trimakasih atas postingannya, sungguh bermanfaat. dan ikutan tanya ya.. untuk ITP TOEFL yang diselenggarakan di universitas di indonesia, misalnya dikota saya ada Universitas Sebelas Maret, apakah CUKUP untuk mendaftar beasisiswa humphrey atau fullbright???

    • scholarshiphunter September 5, 2014 at 8:51 am #

      Halo Eny.. makasi udah mampir.. Untuk test TOEFL ITP, banyak diselenggarakan di berbagai tempat. Bisa dicek. Tak hanya di UI saja. Ya, TOEFL ITP cukup untuk mendaftar beasiswa fulbright. Nanti kalau lolos, pihak Aminef akan menyertakan kita (dibiayi mereka) untuk tes TOEFl iBT yang skalanya internasional. Tapi untuk pendaftaran awal, TOEFL ITP cukup.. selamat mendaftar yaa :)

    • scholarshiphunter November 17, 2014 at 10:05 am #

      Untuk mendaftar saja bisa.. nanti kalo sudah lolos, akan diberi kesempatan tes internasional TOEFL iBT… good luck yaa

  44. Uli September 3, 2014 at 4:51 am #

    hi kak, saya akan apply Chevening tahun ini, setelah saya liat di web nya, ternyata banyak jenis nya (utk Indonesia ada 15 jenis), ada yang bekerjasama dengan univ2 dan ada yang Indonesia Chevening Scholarship tersendiri. Yang saya tanyakan, Chevening yang partnership dengan universitas itu samakah peluangnya dengan Indonesia Chevening Scholarship itu sendiri? ataukah ada perbedaannya?
    Terimakasi kakak.. :)

    • scholarshiphunter September 3, 2014 at 6:42 am #

      belakangan saya kurang mengikuti perkembangan chevening, tetapi kalau namanya beda, biasanya programnya beda. bisa dilihat lebih seksama di informasi yang tertera di sana… lalu soal peluang, menurut saya semua tergantung kitanya… jadi kalo memang berminat, dicoba saja.. good luck ya :)

    • scholarshiphunter November 17, 2014 at 10:05 am #

      waaahhh kalo soal peluang saya kurang tau… harus ditanyakan ke pihak Chevening atau dalam hal ini British Council Indonesia.. maafkan saya tidak bisa membantu yaa…

  45. Metha November 6, 2014 at 9:05 am #

    Hi Mba…saya suka & keren banget untuk isi blog ini…salam kenal dari saya Metha…, saya mau ada pertanyaan sedikit mengenai program Chevening nih mbak…, saya tertarik untuk mengikuti program Chevening ke UK untuk tahun 2014 ini atau tahun depan 2015, tapi saya masih agak bingung dengan alur proses pendaftaran & pertanyaan di dlm form Chevening yang mengatakan “apakah kandidat sudah Apply di universitas yg di tuju atau belum”, nah ini apakah berarti saya harus mendaftar dulu di universitas di tuju sampai mendapatkan LoA stlh itu baru mengisi kembali form Chevening atau bisa sebaliknya nya? Dan ada juga pertanyaan di dlm form yang menanyakan “apakah kandidat sudah Apply visa UK atau belum”, nah apakah ini juga berarti saya harus Apply visa UK dulu baru mengisi form atau sebaliknya nya, karena saya bingung kan saya belum tahu apakah application scholarship saya akan di terima atau tidak oleh pihak Chevening…, Mbak saya butuh banget informasi mengenai program Chevening ini dan kalo bisa ada contoh form pendaftaran Chevening dari mbak boleh juga dikirim melalui email saya…hehe…, Mohon bantuan informasi & sharing pengalaman dari Mbak yah karena saya kepengen banget nerusin sekolah S2 saya di UK…terima kasih banyak sebelum nya….

    • scholarshiphunter November 17, 2014 at 9:55 am #

      Hai Metha, salam kenal…

      untuk pengisian form chevening.. kalo ada pertanyaan, seperti itu.. dijawab saja apa adanya..mereka ingin tahu, apakah kita sudah daftar atau belum, sebaiknya sudah memang karena kans jadi lebih besar..tetapi kalau belum, ya nggak apa-apa..
      Maaf Metha, saat dulu saya mendaftar chevening, hampir 10 tahun silam, situasinya berbeda dengan sekarang.. dan saya kurang update. setahu saya sekarang apply-nya online..sementara dulu, saya paper based…
      Sooo…keep fighting yaaa… :)

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 68 pengikut lainnya.

